Laman

Rabu, 28 Maret 2012

Habib Wan Sehan dan Khoriqul Adah




KISAH DIBAWAH INI NYATA DIJAMAN KINI ENTAH KERENA TINGKATAN JIWANI KESUFIANNYA NTAH BUKTI KAROMAH KEWALIANNYA ATAU PENGARUH DARI SEBAGIAN ORG YG MENGATAKAN BELIAU MASIH ADA SISILAH AHLUL BAIT……

Bukannya mau mempublikasikan atau pengkultusan seseorang namun tak lebih hanya sekedar berbagi cerita nyata dari banyak saksi mata,dan sebenarnya keluarganya tdk mau berita dan gambar dipublikasikan cari digoogle banyak yg dihapus namun aku bertujuan baik dgn I’tikad baik mengambil sedikit pelajaran untuk berbagi wawasan keluasan cara pandang :


*)Si A bersama Jama’ah mau berangkat ke acara Maulidan lalu sambil lewat menyapa sang habib: “ Beib yo kita Maulid nanti kemaleman!” Si Habib menjawab sambil marah2:”Sudah sana heh KYAI -NT aja duluan! Huh! nanti ane nyusul…brisik aja !” Begitu tiba di majlis, ternyata ntah lewat mana sang Habib itu sudah berada dideretan jama’ah terdepan brsama para habaib dan ulama lainnya.

Si A hanya berkata : “subhanalloh “ sambil senyum2 dan geleng2 kepala.Kemudian menyalami sambil peluk ahlan wasahlan sang Habib berkata: “ Heheh… barokah afwan ane sampe duluan NT belakangan,kikik...semuanya ayo..mari…tafaddhol…”

Selesai acara dan doa hindangan keluar,keunikan lagi terjadi semua hidangan diacak-acak oleh beliau semua dicomot dicobain, yg belum tahu hanya tercengang, si A sempat memberitahu agar dibiarkan tingkahnya itu, dan ulama2 yang lainpun hanya senyum lalu berdoa komat kamit terdengar sebait “barakalloh….Insyaalloh”

*)Sebuah rumah dari seorang keluarga pedagang kecil di siang hari tiba2 didatangi sang habib tanpa permisi langsung masuk menyantap makan dimeja makan,sang shohibul bait hanya melongo tanpa berkata apapun kemudian setelah selesai hanya pamit:

“teeerimaksih assalamualaikum…”

Heran dan tak habis fikir hanya melongo kemudian tak berapa lama sikeluarga pedagang telah menjadi pedagang besar dan kaya. Menurut segelintir cerita jika sebaliknya si Shahibul bait marah-marah tak terima akan ada dampak yg pasti pada keluarganya. Disebab juga ada cerita yg sebaliknya….

  • Tukang ES cendol di Madrasah Al Wathoniah Klender, Jakarta Timur. Es nya diambil segelas tanpa permisi apalagi bayar namun si tukang es hanya geleng2 kepala tanpa komen,sempat mau marah namun diberitahu oleh satpam yg mengenal sang Habib lalu si tukang Es hanya diam, begitu selesai mendadak serombongan org entah dari mana memborong semua Esnya dgn bayaran lebih hingga tidak perlu berjualan hingga larut malam, benar2 laris manis….

Aku sendiri pernah melihat sebuah kertas undangan resmi peringatan Maulid dirumah kerabatku,lalu aku komen: “ Undangan mauled apa ini kok pake coret-coretan gak keruan!?” Temanku hanya senyum dan berkata:” Coba dibawahnya baca dari siapa? Siapa orgnya yg berani tdk datang atas undangannya.. lihat coba siapa!?” terperangah aku sebab ku dengar kisah eksentrik dari Abiku dan aku mendapati langsung keunikan ulah prilaku sang habib tersebut yg mengundang resmi seorang pejabatpun undangannya berupa coret2an gak keruan.Tanda tangannya bertulis arab memenuhi semua isi kalimat gak keruan, Qiqiqiqkk..

Masih banyak lagi kisahnya tentang beliau yg aku dengar ,namun ku tdk menuang semuanya, takut gak baik akibatnya dgn persepsi kalian yg beragam warna….jadi kalau ada teman2ku disini ada yg mengatakan aku ckp cerdas mungkin bukan karena aku kecil sering dikasih sisa makan bekas para kyai dan habaib oleh Abiku hanya yg aku ingat alm’ Abuya KH. Mualim Zayadi Muhajir klender dan alm Habib Syekh bin Ahmad Al-Musawa pernah kerumah Abiku dan keduanya memanggilku dan mengusap mengelus rambutku sambil bibirnya komat kamit….itu saja…kalau gak percaya Tanya saja Habib Munzir Al Musyawa..apakah kenal dgn Sheikh Ahmad Al Musyawa , hihihi….

Sy hanya pesan bila dan barangkali suatu waktu anda ketemu sang habib eksentrik itu dgn tiba2 istri /suami anda atau anda sendiri dibentak-bentak dan dimaki-maki sebaiknya anda diam dan bersabar….biarkan beliau sesukanya toh kita tdk tau kehendak Alloh yg bisa sj memalui perantara beliau dan Hanya Alloh lah Sang Maha Tahu….

Alhamdulillah Beliau masih ada dan sy tau dimana Ia tinggal hanya sering berpindah tak jelas dan jika anda berkeinginan menemuinya sebaiknya bersihkan hati anda dan anda siap dgn keanehan yg akan anda hadapi …bisa jadi anda ditampar mukanya atau malah dicuekin tanpa dijawab salam sedikitpun dan tanpa diperdulikan malah beliau sambil memetik gitar arab mexico kesayangannya....qiqiqiq....kita tdk tahu pastinya tergantung ukuran hati dan jiwani anda dan sebaiknya hanya pasrah diri dgn keadaan yg anda terima ….Wallohu’alam….bagi yg anti tasawuf silahkan cari beliau biar ditabok sekalian mana tau nyadar....,qiqiqiqi maaf ya kak....canda....

Orang-orang BIASA MENYEBUTNYA ‘WAN SEHAN’ DARI NAMA BELIAU (SHEIKHUN MUSTHOFA AL BAHR ) TINGGAL DIBEKASI.

Foto Habib :





11 komentar:

  1. Semoga alloh memanjangkan umur, melapangkan rejeki, dan sehat selalu untuk wan sehan. Terima kasih buat wan sehan telah mengijinkan ane mencium tangan wan sehan. Barokah . Amin

    BalasHapus
  2. saya pingen bangeet keetemu beliau,,,,dulu ketika mertua saya masih hidup wan sehan sering ketempat mertua katanya,,

    BalasHapus
  3. sosok beliau tidak bisa ditafsir kan oleh manusia ,,,hanya allah yang tau makna dari semua yang beliau lakukan ....
    alhamdulilah saya pernah bertemu dan bersalaman dengan beliau dikediamannya dibintara

    BalasHapus
  4. Pengen banget ketemu beliau...Insya Allah

    BalasHapus
  5. alhamdullilah saya sudah bertemu WANSEHAN,and kakanya WAN ENTING...

    BalasHapus
  6. and tolong jangan di ceritakan begitu panjang and lebar,cukup hanya sebagiannya saja...

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah ane pun pernah bertemu dengan beliau,dan alhamdulillahnya beliau yg datang k rumah ane,kala itu skitar jam 10-11an mlm,beliau dtg bersama rombongan habib yg mengawalnya antara lain emang ane kenal,ada habib umang,habib taufik dll . . .
    beliau datang k kampung tempat ane tinggal,setelah bbrp menit puter2 di kampung ane,Alhamdulillah pilihan jatoh k rmh ane (bisik habib umang k ane sambil terus mmperhatikan tingkah unik beliau),ya walaupun cuman di teras aja beliau duduk,kala itu ane emang blm tau itu Habib syehan,karna ane baru dger2 ceritanya aja dri habib Muhammad alaydrus (yg tdk lain adalah kawan karib ane dri masa SMP smpe skrg)blm skali pun ane tau fisiknya .sambil terus ane mmperhatikan beliau baru lah ana sadar "ooh....mungkin ini yg di ceritain sma si mumuh (sapaan akrab ane k habib muhammad alaydrus),,nah ga lama kemudaian beliau mnta makan "laper katanya" ,dan minta lauk nya apa aja yg penting ada sambel .segera lah habib umang mnta k ane,dan ane pun brgegas ke dapur,dan kebetulan wktu itu istri ane lg ga ada di rmh lg nginep di rmh mertua ane alias di rmh ortunye,yg otomatis ga ada yg masak dan ga ada apa2 di dapur bahkan nasi skali pun .ane bingung wktu itu...kebetulan rmh ane dan kaka ane ga berjauhan,ane lgsung lari k rmh kaka ane dan mnta makanan,ane msh inget waktu itu cuma ane kasih Nasi,ikan teri sama sambel aja karna cuma itu yg ane temuin (ya allah maaf lahir batin bib,bkn ga mau mnjamu dgn makanan yg lbh dri itu,tp ya kebetulan k'adaannya lg begitu "jeritan hati ane wktu itu",,tp Alhamdulillah lahap beliau makan nya sesambil terus ngmong macem yg ga jelas "ngaler ngidul ngmongnya'hihi . .
    dan di bagian ini yg smpe skrg ane ga tau mksud beliau apa,di sela2 beliau makan,belia mengepal2 nasi'y yg udh di aduk2 sma teri n sambel'y,stelah di kepal2 seketika kepalan nasi itu di lempar k arah ane smpe jatoh k lantai tuh nasi seketika jg habib umang nyuruh ane ambil itu nasi dan ane makan,"wktu itu ga ane rasain apa2 biasa aja,tp memang terasa pulen bgt itu nasi dan nikmat" .
    ga lama dri itu udh deh beliau pergi lg di ajak k rmh habib taufik "yg sedkit maksa kran belia ga mau ikut ajakan habib taufik" ..

    mungkin itu sepenggal cerita ane sma beliau .Alhamdulillah dan ane skrg lg inget beliau dan merinding stiap ane ingat kejadian itu .
    wassalam .

    BalasHapus
  8. 4 tahun lalu saya mendengar tentang wan sehan. lalu saya ingin bertemu dengan beliau dengan mencari tahu ke temen2. setelah saya tahu, memberanikan diri untuk pergi ke tempat wan sehan.
    sampai disana saya berkumpul di masjid yang disitu orang bercerita ttg beliau, cerita mrk gax jauh berbeda dengan cerita yang saya denger dari guru dan teman2 saya. yg sangat saya ingat cerita guru dan teman saya, klo blom jodoh, dicari sampai manapun wan sehan gax akan ketemu, dan itu dialami oleh bbrp orang yang kumpul bersama sy di masjid. seorang diantara mereka ada yg sudah berminggu2 pulang pergi ketempat wan sehan, tp gax ketemu-ketemu.
    selanjutnya, ketika maghrib tiba, oleh salah seorang yang belom saya mengenal dekat, hanya sebatas tahu dia adalah seorang yang selalu ikut wan sehan, dia menyuruh saya adzan. selepas sholat maghrib, ada seorang dengan pakaian jubah sorban mendekati saya, dia berkata "jika percaya sm habib itu sama aja syirik, sedianya bercaya hanya kepada Allah". org tersebut mengundang saya untuk hadir di perkumpulannya, tepatnya daerah kebun jeruk.itu pertemuan pertama, dan terakhir saya dengan org tersebut.
    setelah org tersebut pamit dan pergi, tidak lama wan sehan datang, berbondong2 orang yang menunggu mendekati wan sehan, dan saya terakhir yang duduk menemui wan sehan. saya melihat orang2 tersebut sudah berjatuhan lantaran pukulan dan tendangan oleh wan sehan.
    wan sehan hanya bicara ngalor-ngidul ketika saya duduk gax jauh dr beliau. ketika saya bersalaman dan mencium beliau, wan sehan cuma bertanya siapa saya. tak ada pukulan atau tendangan apapun dari wan sehan kpd saya, hanya sebuah pertanyaan saja, dan selanjutnya wan sehan pindah tempat.
    saya mengejar beliau ketika beliau pindah tempat, saya ingin seperti orang yang mendapatkan pukulan ataw tendangan dari wan sehan. setelah saya dekati, wan sehan berlalu pergi dan melangkahi saya saja, dan wan sehan pergi dengan mobilnya dan pengikutnya. sampai sekarang sy tidak pernah bertemu lagi dengan wan sehan.
    orang yang selalu ikut wan sehan memberi saya dua ikat rambutan, dan dia minta kpd saya satu potong baju saya yang bekas saja.
    begitulah cara wan sehan mendoakan. dan saya menjadi saya yg sekarang ini.

    BalasHapus
  9. ass.wr.wb.semakin banyaknya simpang siur atas habib dan Nomor telpon habib syaikhon al bahar.ini ana punya nomor hp habib wan sehan 0852 9045 0033 .ane copy paste dari habib syaikhon sang guru,disitu juga ada jadwal ceramah beliau,semoga bermanfaat.wass.wr.wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. thx to agus muhammad.hingga bisa tadi sore jumpa dengan habib wan sehan.walopun sya bkn muslim tpi sya anggap habib wan sehan guru sya.GBU

      Hapus