Laman

Minggu, 22 April 2012

ASWAJA YANG CERDAS DALAM MENYAN DAN SESAJEN


Oleh: Chenchen Chetia

Dulu ku Pernah Punya kanjeng Guru ’ berkisah tentang ASWAJA kira2 begini ceritanya:

Dahulu entah kini, dipedesaan orang masih suka menancapkan bawang dgn tusukan sapu lidi dihalaman,kalau disebut aliran agamanya pasti dan tentu ia akan berkata:” ya ASWAJA lah..!”
(tenang jgn marah dulu) itu real….

Di kala malam orang-orang berkumpul berta’jiah mendo’akan para arwah dibulan ruwah (menjelang ramadhan biasanya), itu mesti keluar yg namanya DUPA (kemenyan dibakar-wangi …tuh SEREM2 DIKIT) dan SESAJEN (kembang tujuh rupa, tumpeng NASI KETAN kuning putih ,Bekakak ayam,limun,kopi hitam-air putih,kopi susu,lisong dsb ) kira2 nyaris mendekati 4 sehat lima sempurna lah….


ENTAH! Sejalan dgn perubahan pola fikir dan makin kentalnya kefahama n agama dimasyarakat …Toh Dupa dan Sesajen’nya lama kelamaan hilang dgn sendirinya. (Persis pesan kanjeng songo…suatu saat setelah jamanku katanya..akan hilang…)hehehe…tak perlu repot diteriakin Bid’ah-Kurafat toh ! yg dgn nafsu seolah semudah membalik telapak tangan…

Lalu ku bertanya: “ Kalau tanggapan kyai sendiri gimana?” Beliau menjawab: “ Semestinya org islam indonesia harus tepat menempatkan cara dan pola fikirnya, garis bawahi itu ,itu baru ASWAJA yg CERDAS,tak harus melupakan DUPA dan SESAJEN” dalam hatiku “hahhhhh…..???”Bukankah itu bid’ah kanjeng!? Ah tau apa kamu soal bid’ah annggap itu sandal jepit yg kalau kamu pakai buat nampar org2 dimajlis ini sesatlah kamu,tapi kalau kamu pakai buat kebersihan alas kakimu diatas tikar majlis ini ya jangan km tanya lagi pahalanya….

Begini Die ajeunk….cah ayu….. (uhui…,bangganya aku….) Bedakan niat ‘I’tikad dgn azas cara berfikir itu tdk sama…

Azas tujuan dan manfaat, tertuntun syariat tanpa mudharat, gitu maksudnya kanjeunk!? TEPAT ! seloroh sang kyai.
Beliau berkata :

Kalau ada yg bilang kata “TAHLIL” itu aksen kata bersumber syariat ,namun kata “TAHLIL’LAN” nya katanya tdk berazas dlm khsanah Islamism,Tentu… jelas itu… sebab itu memang bukan agama, sebatas istilah kemudahan penyebutan pendekatan himbawan info sinyalemen mengumpulkan org atau ekspresi penyebutan dr interaktif sosio kultur…mau dicari diARAB ? Yo.. sampai hujan berwarna pun tak akan ketemu…kalau dianggap tasyabuh-meniru ya sudah…ganti saja DGN ‘”SEDEKAHAN” sodakoh buat yg hadir bukan buat yg hidup bukan buat arwah leluhur….(mantapkan cara berfikir didalam perkuatan niat yg sejatinya I’tikad itu didukung orientasi kemana maksud tujuannya) kita mulai satu-satu dgn perangkat pendukung acaranya ,bukan ritualnya kan yang hadir bukan dukun toh…..

DUPA! Hadirkan kembali itu dupa kemenyan ,bakar MENYAN’nya sengaja mana tau tuh “sheitan pada ngumpul “ jadi sekalian tak repot manggil2 ,nanti dah kumpul…kan kita bakar sekalian tuh sheitan pakai DO’a –ehem! alhasil … semangat yg hadir atas udara yg harum ditambah ruangan yg ditempati terasa hangat, bau ketek keringet para jamaah kias samar baunya tuh dan nyamuk pun pada pergi.

KEMBANG! Siapkan itu kembang 7 (tujuh) Rupa,taruh disetiap sudut ruangan,bukankah RUANGAN JADI MULTI HARUM selain SEDAP DIPANDANG MATA…? begitu dong cara fikirnya…dari pada Cuma ditabur dikuburan !? E’eee tak tau emank kalo disyurga juga udah banyak kembang ? ….kwkwk…

SESAJEN AN! Hehehe… ya …justru itu lbh penting ! malah kebiasan yg buruk bisa disulap menjadi baik yo jgn dihilangkan! Begini….Kalau kata SAJEN itu dianggap sesuguhan ya ganti namanya jadi SE-JAJANAN artinya bukan buat ngempanin arwah tapi sodakoh buat jajanan (makan dan minuman ) bagi yang Hadir….Caranya gimana kanjeunk? oh…mudah putri ku…begini….

Kalau BEKAK AYAM masih dibilang sesuguhan ya kita ganti dgn KENTAKI-chiken2 …atau ayam bakar kalau perlu Kambing Guling biar rada ngARABiannya kebawa tuh…

Kalau LISONG masih dibilang hindusim yg tradisi awam barangkali bilang shetannya disni bukan setan pribumi kolot ya anggap saja sekarang yg banyaknya setan Eropa londo keling kan jadi rada MODERAT DIDKIT yo wish…kita ganti tuh LISONK sama JI SAM SOE atau LE life + Jarum Super (JARang diRUMah SUka PERgi-pergi tah…? Pergi Tahlil maksudnya lho…)

Tetap Nasi kuning,nasi putih, nasi ulam, tambah Nasi uduk daun kemangi ,eh…kalau perlu..ketan hitam,ketan putih, bubur hitam bubur putih (lumayan buat yang aki2 omponk..) bubur kacang ijo kalau perlu… Limun rada susah ganti jadi Coca Cola,air putih jadi Aqua (Tak repot nyuci gelas),Kopi hitam kopi susu tetap biarkan ini pilihan warna selera ,tambah Just Melon-sirsak bla2…. Lengkapi jgn dihilangkan biar masuk katagori perbaikan gizi 4 SEHAT lima SEMPURNA sesepurna komplit DO’anya…jama’ah punya pilihan, betoull….?

ITU BARU NAMANYA ASWAJA CERDAS manfaat….

ALHASIL selesai tahlil ! DO’A MAKBUL .. sebab hati IHKLAS PERUT GEMBUL …PULANG MELENGGANG MULUT NGEBUL… L’ E LIFE ENJOY AJAH …nah..KAN JELAS ITU BARU YG NAMANYA BIKIN HIDUP LEBIH HIDUP….? BUKAN TERIAK BID’AH….udah gitu ,Sambil jalan pasti hadirah jama’ah dalam hati: “mudah2an …shahiebul Bait terus ditambah rejekinya, bilbarokah….”(di do’a kan lagi tuh…ikhlas tuh sebab hatinya riang…)

Bukan ketoprkan yg perlu kita ambil dari guyonan diatas melainkan cara sikap dan cara pandang yg cerdas menyikapi dalam keketetapan –ketepatan pola fikir….(bukti…org kaya rajin sedekahan ya..mungkin dia merasakan keberkahannya disebab justru tdk pernah berkurang rejekinya-malah mungkin terasa keberkahan bertambah rejeki yg didapatnya)-hehehe tetap masih ada lagi alasan ah…semua itu kan karena tertuntun kebid’ahan dikemas shietan membuat kecanduan,wallohu’alam yahhh…silahkan menilai dan berpandangan menurut kaca mata anda sendiri.

Sumber.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar